Enam makanan penyebab kolesterol tinggi ini sebaiknya dihindari

Hallo, berjumpa kembali, artikel ini akan membawa pembahasan mengenai penyebab kolesterol Enam makanan penyebab kolesterol tinggi ini sebaiknya dihindari simak selengkapnya 

Enam makanan penyebab kolesterol tinggi ini sebaiknya dihindari

ILUSTRASI. ilustrasi gorengan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kolesterol kerap diasosiasikan sebagai barang jahat penyebab munculnya beragam macam penyakit di dalam tubuh. Atas dasar inilah, kita kerap mendengar bujukan buat mengurangi bahkan menghindari makanan penyebab kolesterol sejak dini. 

Enam makanan penyebab kolesterol tinggi ini sebaiknya dihindari

Tetapi, tahukah bahwa kolesterol sebetulnya merupakan komponen yang dibutuhkan oleh tubuh? 

Ya, dalam kondisi normal, barang yang diproduksi oleh hati ini berguna buat membikin membran sel, hormon, vitamin D, serta berfungsi mencerna lemak. Zat ini menjadi jahat ketika gaya hidup kita menyebabkan awak membikin terlewat banyak kolesterol, misalnya dengan mengonsumsi beragam makanan penyebab kolesterol tinggi. 

Ketika barang ini melonggokkan di nadi jantung, ia hendak menyebabkan pembendungan yang kemudian menimbulkan penyakit tertentu, seperti hati koroner, agresi jantung, ataupun stroke. 

Baca Juga:

Meskipun demikian, terdapat beragam cara menurunkan kolesterol yang bisa kita jalani. Salah satunya lewat konsumsi makanan yang rendah kolesterol. 

Penyebab kolesterol tinggi Kadar kolesterol kita dikatakan tinggi jika terdapat terlewat banyak ‘kolesterol jahat’ (low-density lipoprotein ataupun LDL) di dalam darah. Kondisi ini bisa diperparah jika kita juga memiliki level ‘kolesterol baik’ (high-density lipoprotein ataupun HDL) yang rendah. 

Ini berjalan ketika kita tidak memerhatikan makanan yang masuk ke tubuh. Makanan yang dimaksud bukan sekedar mengandung lemak, tetapi juga tergolong ala jenis gemuk tertentu, yaitu trans fat dan saturated fat. 

Trans fat bukan cuma menaikkan LDL, melainkan juga menurunkan kemampuan HDL di dalam darah sehingga mereka dikategorikan sebagai jenis gemuk paling berbahaya. Trans fat banyak terdapat ala minyak sayur yang diproses ala artifisial ataupun disebut cara hidrogenasi. 

Sementara saturated fat biasanya terdapat ala daging dan susu. Lemak jenis ini menembakkan hati buat membikin lebih banyak LDL sehingga kemampuan gemuk jahat di dalam awak bisa meninggi. 



Sumber : Kompas.com

Editor: Tendi

Video Pilihan



Sekian penjelasan tentang Enam makanan penyebab kolesterol tinggi ini sebaiknya dihindari semoga tulisan ini berfaedah terima kasih

tulisan ini diposting pada tag penyebab kolesterol, penyebab kolesterol ldl, penyebab kolesterol naik, , tanggal 22-10-2019, di kutip dari https://kesehatan.kontan.co.id/news/enam-makanan-penyebab-kolesterol-tinggi-ini-sebaiknya-dihindari

Post a Comment